baju muslim,gamis,distributor baju, abaya indonesia, model gamis abaya, busana muslim, baju muslim, baju abaya, busana muslim online, baju muslim online, busana muslim terbaru, baju muslim terbaru, butik online, tanah abang, agen baju murah,baju murah,distributor baju muslim,baju muslim kualitas butik,jual distributor baju berkualitas,gamis syar'i

TERJEMAH TA'LIM MUTA'ALIM PASAL 1

1.HAKIKAT ILMU,FIQIH & KEUTAMAANNYa


Rasulullah SAW Bersabda:"Menuntut Ilmu itu wajib bagi setiap Muslim & Muslimah.
Ketahuilah bahwa kewajiban setiap Muslim laki-laki & Perempuan bukanlah menuntut segala Ilmu,Tetapi ia diwajibkan mempelajari Ilmu yang akan dilakukan,Yaitu Ilmu Ushuluddin & Ilmu Fiqih,yang ada Hubungannya dengan Ihwal Manusia.seperti kufur,Iman,Zakat,Shaum,Haji dan sebagainya.sebagaimana dikatakan :"Ilmu yang lebih utama adalah ilmu yang akan diamalkan,& amal yang lebih utama adalah memelihara perbuatan,(dari sia-sia & kerusakan)".

Setiap Muslim diwajibkan mempelajari Ilmu yang berhubungan dengan kewajiban sehari-harinya dalam kondisi apapun.Karena orang Islam diwajibkan Shalat,maka ia diwajibkan mengetahui Ilmu Yang berhubungan dengan Shalat,agar ia dapat menunaikan kewajiban itu secara sempurna.
Demikian pula bagi Muslim diwajibkan mempelajari Ilmu yang menghantarkannya menunaikan segala sesuatu yang menjadi kewajibannnya.Maka melakukan perantara untuk memenuhi kewajiban hukumnya Wajib,Demikian pula untuk mengetahui kefardluan dan kewajiban adalah Wajib.
Demikian pula wajibnya mengetahui masalah Shaum & Zakat jika ia telah memiliki harta sebagai Syarat untuk Zakat,kemudian kewajiban Haji bila telah memenuhi Syarat,& wajib mempelajari Ilmu Muamalat tentang jual-beli jika ia sebagai pedagang.Syekh Muhammad bin Hasan ditanya:"Mengapa engkau tidak mengarang kitab tentang Zuhud?"beliau menjawab:"Aku telah mengarang kitab tentang jual-beli."
Maksudnya,yang dinamakan Zuhud adalah seorang yang menjaga diri dari perkara-perkara Syubhat(tidak jelas status hukumnya)& hal-hal yang makruh didalam berdagang.
Demikian Pula bagi setiap Muslim diwajibkan mempelajari Ilmu bermasyarakat & teori-teori dalam bekerja.Sebab siapa yang akan melakukan suatu pekerjaan,maka ia diwajibkan mengetahui Ilmunya & memelihara diri dari larangan Agama.
Setiap Muslim juga diwajibkan mengetahui ihwal hatinya untuk bertawaqqal,kembali dan takut kepada Allah serta rela akan hukum-hukum-Nya dan ketetapan-nya.Karena hal itu akan terjadi dalam segala keadaan.
Adapun kemuliaan ilmu siapapun tidak akan menyangsikannya.
Sebab ia merupakan sifat pemberian Allah yang diberikan Khusus bagi umat manusia.karena sifat-sifat selain ilmu,baik Manusia maupun seluruh binatang juga sama memiliki.seperti sifat pemberani,kuat,sosial,giat dan sebagainya.
dengan Ilmu,Allah menampakkan ketinggian derajat Nabi Adam AS,melebihi derajat para Malaikat,sehingga para Malaikat diperintahkan bersujud menghormati kepada Adam.Keutamaan Ilmuhanya karena ia sebagai perantara bertaqwa yang menyebabkan seseorang berhak mendapatkan kemuliaan disisi AllahSWT.dan kebahagiaan yang abadi,sebagaimana Syekh Muhammad Hasan bin Abdullah menjelaskan dengan Syair:
"Belajarlah karena ilmu  itu sebagai hiasan bagi ahlinya,merupakan kelebihan & tanda dari segala perbuatan terpuji.
Jadilah kamu seorang yang memperoleh faidah menambah Ilmu setiap hari,dan berenanglah kamu dalam lautan faidah.
Belajarlah Ilmu Fiqih,Karean Fiqih itu merupakan penuntun yang paling utama untuk berbuat kebaikan,taqwa & tujuan yang lurus.
Ia merupakan rambu-rambu kepada jalan petunjuk,dan sebagai benteng yang dapat menyelamatkan dari segala marabahaya.
Karena sesungguhnya pakar Fiqih yang perwira,lebih  berat bagi syaitan(untuk menganggu)dari pada seribu orang Ahli Ibadah(yang tidak alim Fiqih)."
Demikian pula setiap Muslim wajib mengetahui budi pekerti terpuji & tercela,seperti pemurah,kikir,penakut,pemberani,sombong,tawadlu,iffah(memelihara dari keharaman),boros dan menghemat dalam belanja serta yang lainnyaSebaba,sombong,kikir,penakut & boros itu haram.sehingga tidak dapat memelihara diri daripadanya melainkan harus mengetahui ilmunya & Ilmu yang berlawanan padanya.Karenanya maka setiap manusia wajib mengetahui sifat & akhlak itu.
As Sayyid Al Imam As Syahid Nashiruddin Abul Qasim telah mengarang sebuah karya terbaik,yaitu sebuah kitab tentang"Ilmu Akhlak".Maka setiap Muslim wajib memeliharanya.
Adapun menjaga sesuatu yang akan terjadi secara temporer pada waktu-waktu tertentu maka hukumnya Fardlu Kifayah.Jika sebagian penduduk sudah ada yang mengerjakan,maka seluruh penduduk yang lain sudah dianggap gugur kewajibannya.tetapi jaki sama sekali tidak ada seorang yang mengerjakannya,maka berdosalah seluruh penduduk itu.Maka seorang Imam wajib memerintahkan penduduk untuk mengerjakan Fardlu Kifayah dan memaksa kepada penduduk setempat untuk Menegakkannya.
Konon dikatakan,bahwa mengetahui Ilmu yang diperlukan bagi seseorang pada situasi & kondisi bagaikan makanan yang harus dimakan setiap Individu,sedangkan Ilmu yang kemungkinan terjadi pada suatu saat adalah ibarat obat,dimana sewaktu ia sakit tentu membutuhkannya.
Adapun Ilmu Nujum(meramal sesuatu berdasarkan Ilmu perbintangan atau Astrologi)adalah ibarat penyakit.maka belajar Astrologi hukumnya adalah haram.Sebab ia tidak memberikan manfaat bahkan membahayakan.padahal menghindar dari Qadla & Qadar Allah tidaklah mungkin.mak setiap Muslim hendaknya mengisi seluruh waktunya untuk berdzikir kepada Allah Ta'ala,berdo'a bertadllaru,membaca Al-Qur'an,dan bersedekah sebagai penolak bahaya serta memohon kesehatan dan ampunan kepada Allah Ta'ala didunia dan Akhirat,agar Allah tetap menjaganya dari bencana dan marabahaya serta terlepas dari kejahatn,karena seseorang yang dikaruniai do'a,niscaya akan dikabulkan.jika ada bencana yang akan menimpanya,berkat do'a itu maka Allah akan meringankannya pada seorang hamba yang berdo'a itu dan mengkaruniakan kesabaran kepadanya.
Lain halnya denan mempelajari Astrologi sekedar untuk mengetahui arah Qiblat dan waktu-waktu Shalat,maka hal itu diperbolehkan.
Adapun mempelajari Ilmu kedokteran maka diperbolehkan.
Sebab ia merupakan salah satu sebab untuk mengetahui berbagai macam sebab sebagaimana sebab-sebab yang lain.Nabi Muhammad SAWpun pernah melakukan pengobatan.Diriwayatkan bahwa Imam Syafi'i Rahimahullah pernah berkata:"Ilmu itu ada 2,yaitu Ilmu Fiqih untuk mengetahui peraturan agama dan Ilmu Kedokteran untuk mengetahui kondisi tubuh.Sedangkan selain keduanya ibarat hidangan dalam resepsi."
Adapun pengertian Ilmu adalah merupakan sarana yang dapat menjadikan jelasnya pengertian bagi pemiliknya.Adapun Fiqih adalah mengetahui suatu Ilmu secara Rinci.
Imam Abu Hanifah Rahimahullah berkata:"Fiqih adalah mengetahui kebaikan dan kejelekan yang bermanfaat dan yang membahayakan diri."beliau juga mengatakan:"Tujuan ilmu itu untuk diamalkan,dan mengamalkan Ilmu adalah meningaalkan kesibukkan mengurus keduniaan untuk mencari kebahagiaan Akhirat."Maka sebaiknya manusia itu jangan sampai melalaikan dirinya.Ia harus mengetahui Perkara yang memberikan manfaat dan yang membahayakan dirinya,baik didunia dan di akhiratnya,sehingga ia dapat memetik hal-hal yang bermanfaat dan menghindari hal-hal yang berbahaya,agar akal dan ilmu tidak menjadi dalih dan menyebabkannya bertambah siksanya.kita berlindung kepada Allah dari murka & Siksa-Nya.
Banyak ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits-hadits Shahih dan Mahsyur yang mengemukakan tentang Sejarah kemegahan Ilmu Pengetahuan dan keutamannya.

0 Response to "TERJEMAH TA'LIM MUTA'ALIM PASAL 1"

Post a Comment

Assalammua'laikum...
Bagi Sahabat yang Memiliki Pertanyaan,Ingin Share Ilmu,ataupun Ingin meminta Artikel dan di Posting di Blog Kami ini,silahkan Sahabat Tulis Permintaan Sahabat tersebut di Komentar di Bawah....
Kritik & Saran atas Tampilan Blog,ataupun tentang Artikel yang telah Sahabat baca juga bisa Disampaikan disini,jadi Mari Berkomentar....
(No Spam,No Porno,No SARA)

baju muslim,gamis,distributor baju, abaya indonesia, model gamis abaya, busana muslim, baju muslim, baju abaya, busana muslim online, baju muslim online, busana muslim terbaru, baju muslim terbaru, butik online, tanah abang, agen baju murah,baju murah,distributor baju muslim,baju muslim kualitas butik,jual distributor baju berkualitas,gamis syar'i