ISLAM BUKAN AGAMA,MELAINKAN DIEN


Assalammua'laikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Sudah lama kita tak jumpa ya Sobat Pembaca,sekarang saya mau menjelaskan arti Islam yang sebenarnya nih Sobat....
Bila kebanyakan orang maupun Ulama mengatakan Bahwa Islam itu adalah AGAMA,Itu salah besar sobat,ternyata Islam itu DIEN..

Lalu,apa perbedaan antara AGAMA & DIEN??
Tentu berbeda Sobat,sekarang Saya akan menjelaskan perbedaan kedua penyebutan diatas:

1.AGAMA

AGAMA Berasal dari Kitab Sansekerta,yang Artinya A=Tidak GAMA=Kacau,dan bisa kita simpulkan bahwa AGAMA Ini sesuatu yang tidak Kacau.
Ada juga yang berpendapat bahwa AGAMA Ini berasal dari Bahasa Jawa Kuno yang berarti A=Memiliki GAMA=Peraturan...
Bila dalam Kamus,arti dari AGAMA Ialah Manusia mengakui adanya Sesuatu yang Suci,AGAMA Merupakan Terjemahan dari Bahasa Inggris yaitu Religi yang artinya Kepercayaan atau Penyembahan kepada Tuhan.
Bila pengertian AGAMA secara Sosiolog adalah kepercayaan terhadap hal-hal yang Spiritual
Dicatatan Facebook juga sudah pernah saya kemukakan tentang pengertian Agama,untuk Link nya bisa diklik di : AGAMA ISLAM

Lalu dimana Letak Perbedaan antara AGAMA & DIEN???

baju gamis,gamis syar'i


2.DIEN

Kata DIEN Secara Bahasa sering digunakan dalam berbagai Konteks,bisa disebut Penyerahan Diri, Keta'atan,Ketundukan,Sistem,Jalan Hidup,Aqidah(bila dalam Bahasa Arab)atau juga Peraturan.

Dalil-Dalil tentang Kebenaran DIEN:

A.PENYERAHAN DIRI

"Sesungguhnya DIEN Yang diterima Oleh Allah Subahanahu Wata A'la hanyalah Islam,tidak ada kesalah pahaman antara orang-orang yang telah diberi Al-Kitab Kecuali Sesudah datang kepada Mereka ,karena Kedengkian(Yang ada) diantara mereka.Barang siapa yang menolak/Kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat Hisab-Nya."

(Q.S Ali-Imran/3:19)

Makna DIEN Dalam ayat diatas bisa dikatakan Kepatuhan Hamba kepada Allah Subhanahu Wata A'la & ketetapannya,Berikrar dengan Ucapan,tidak menyekutukan Allah,dan tidak juga tidak berpaling darin-Nya.

"Katakanlah: "Sesungguhnya aku diperintahkan supaya Mengabdi kepada Allah dengan tidak menyalahi Aturan Keta'atannya kepadanya dalam (menjalankan) DIEN.dan aku diperintahkan supaya menjadi orang yang pertama untuk berserah diri kepada-Nya."

(Q.S Az-Zumar/39:11-12)

dalam 2 Ayat diatas menyimpulkan bahwa Manusia Mengabdi kepada Allah secara Ikhlas,tidak mempunyai Pamrih.


Berarti,bisa saya Simpulkan bahwa arti AGAMA ialah:Mengakui adanya Tuhan,dan mempercayai beberapa Ritualisme sebagai bentuk Penyembahan kepada Tuhan,dan bila saya simpulkan tentang DIEN,Sebenarnya masih banyak lagi ayat-ayat Al-Qur'anil Kariim yang menjelaskan tentang ADDIENUL ISLAM,tetapi saya ambil dua saja,dan Kesimpulan tentang DIEN ini ialah:Keta'atan terhadap Tuhan yang Maha Kuasa(Allah)dengan mena'ati Sistem atau Aqidah yang telah Tuhan tetapkan.

Jadi,manakah yang anda Pilih???
AGAMA atau DIEN???

Wassalammua'laikum Warahmatullahi Wabarakatuh...






17 Responses to "ISLAM BUKAN AGAMA,MELAINKAN DIEN"

  1. Assalamu'alaikum
    Itulah kenapa didalam islam kita bukan hanya dituntut untuk percaya..karena konsep keimanan bukan hanya percaya, tapi juga dibuktikan dengan ucapan melalui ikrar syahadat, lebih jauh dari itu juga kita diminta untuk mengimplementasikan didalam perbuatan, termasuk didalamnya kewajiban untuk menjalankan apa2 yang telah diperintahkan oleh Allah SWT
    Jika keimanan hanya sebatas percaya, orang jahiliyah pun uga percaya Allah :
    Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka, Siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan? Tentu mereka akan menjawab, Allah , maka betapakah mereka dipalingkan. (QS. Al-Ankabuut [29]:61)

    Dan sesungguhnya jika kamu menanyakan kepada mereka, Siapakah yang menurunkan air dari langit lalu menghidupkan dengan air itu bumi sesudah matinya? Tentu mereka akan menjawab, Allah. Katakanlah, Segala puji bagi Allah , tetapi kebanyakan mereka tidak memahami. (QS. Al-Ankabuut [29]:63)
    Tapi ketika mereka diminta untuk menjadikan islam sebagai way of life..mengatur mulai bangun tidur sampai tidur kembali serta memurnikan syariat, mereka menolak
    wallahu'alam
    Semoga berkah dan manfaat
    Al-Faqir
    Aditya Kusuma

    ReplyDelete
  2. Banyak kata bahasa Arab yang tidak bisa diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, maka solusi untuk bisa memahami kata bahasa Arab itu adalah dengan mencari kata bahasa indonesia yg mendekati makna kata bahasa Arab itu.

    contohnya Ad-Diin.. kata bahasa Indonesia yg paling dekat maknanya dengan kata Ad-Diin adalah AGAMA,.. dan hal itu tidak tidak dipermasalahkan dalam ajaran Islam..

    demikian halnya terjemahan Al-Quran, itu bukan terjemahan harfiah dari ayat2 Alquran, hanya pendekatan ma'na saja, karena itu tadi, kata bahasa Arab sulit untuk diterjemahkan ke bahasa Indonesia, diakui ataupun tidak, bahasa Arab lebih kaya daripada bahasa Indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. arti dien itu sendiri jadi sedikit bergeser dan meneyempit ya pak.. sehingga pandangan masyarakat ttg islam hanya sekedar agama ya.. dan menyempitkan langkah ibadah dan mencari ilmu...

      Delete
  3. hhaha dien dien , meskipun saya bukan islam tapi enak juga lah
    salam blog walking

    ReplyDelete
  4. Lho... di artikel ttg gafatar, anda katakan sesat karena oknumnya mengajarkan bahwa islam bukan agama melainkan dien. Lha kok disini malah anda jadikan judul artikel anda? berarti org gafatar itu benar dg maka anda amini ilmunya? jadi yang sesat, anda??

    ReplyDelete
  5. Makasih sob atas info nya :)
    Bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Agama kan bhs indonesia
    Dien kan bhs arab ,, hizh bingung lah sama penulis ini ,, lihat judul nya Islam bkn agama melaikan dien ,, agama= dien ,, penulisnya pandai betul mau berpusing"

    ReplyDelete
  7. di artikel lain membicarakan masalah kesesatan Gafatar, tapi di "ISLAM BUKAN AGAMA,MELAINKAN DIEN" mengutip dari buletin GAFATAR, tujuan ente sbenarnya apa c? pembahasan dien itu sangatlah mendalam jadi jgn di simplekan gitu donk, nanti bisa d plesetkan ke arah akidah2 yang sesat. macam orang2 GAFATAR yang ujung2nya pengen menjadikan islam sebagai tatanan Nusantara Sebagai sarana memimpin dunia (WOW Osama bgt), ujung2nya mirip New World Ordo Punya Freemason tuh. tar kayanya malah ada yang ngaku Tuhan ngga cuma ngaku Nabi.. mau ngga mau yg jelas Buanyak orang pinter dan baik keblinger masuk dan mengimani Gafatar, Orang Nasrani, budha jg banyak yg baik, klo gue sih tetep lah, Tauhid gue Alloh SWT Tuhan dan Nabi Terakhir (otomatis brti Rosul Terakhir) gue ya Nabi Muhammad SAW deh..

    ReplyDelete
  8. trus: ngga usah ngayawara pake ada rejahiliyah trus ngga Sholat lagi huft... orang klo sok di hadapan Alloh kpengin ngatur dunia, pengen jaya, parameter kesuksesanya duniawi, cuma mikir surga, cuma takut neraka, kurang memahami bahwa Ridho Alloh lah satu2nya yang kita perlukan, bahkan keselamatan kita atau alamsemesta di dunia dan di akherat tidaklah penting jika d bandingkan Ridho Alloh. klo ngga ya jd kaya orang yahudi, membolak balikan Tauhid dengan akal sendiri, demi enak dan aman sendiri dg aturan sendiri mengatasnamakan Tuhan, ya jd Ada yg ngerasa Jadi Nabi Baru deh... pinter..pinter.. (Sory ngelantur Bro) Buat Para GAFATAR, cobalah melakukan aktifitas Gafatarmu dengan krn cinta dan rindu akan Ridho Alloh, bukan krn Benci dan dendam pada Musuh Islam, maka kalian akan sadar bahwa yang kalian lakukan selama ini hanyalah menipu diri sendiri, membodohi diri sendiri, dibalik topeng baktisosial, kalian akan menemukan penyesalan, hati kecil yang menjerit2 menolak ajaran Nabi Palsu Musadek (hal ini akan d katakan sebagai Godaan Syeitan) tp jk kalian benar2 melakukan krn cinta pada Alloh, bukan karen untuk egoisme manusia atas keselamatan pribadi maupun kaum kalian sendiri di hadapan Alloh, maka kalian akan sadar bahwa Musadeklah Setan sebenarnya. Saya pernah mengelaminya. dibalik Musadek ada Orang2 super cerdas yang mengelola logika dgn sangat rapi. kalian pasti kalah, gunakanlah hati kalian, jangan nafsu kalian.. Semoga Alloh SWT menyadarkan kalian dan menghindarkan Perang Saudara Diantara kita. Gafatar, kami mengawasimu..

    ReplyDelete
  9. Ente - ente pade bahlul ye, sok tahu - tempe - oncom, ape urusanye dengan islam..!? orang ente - ente pade melaksanakan hukum ' STMJ ' Sholat Terus Maksiat Jalan ye kan..! ude kagak use belagak pelon ente. Ilmu ape yg ente pahami buktinye ilmu ente itu semuenye copy paste...Ente liat kagak..!? tu masyarakat bangsa ini 90% agame ye islam tapi semua pade berbuat 'Maksiat...Ente mengaku bahwa ente pengikut Rosullulloh Muhamad SAW tapi ajaran yg ente jalanin semue ye ilmu ajaran habib onta beludak keturunan penghianat DIENULL ISLAM 'STMJ "

    ReplyDelete
  10. artikel ini benar !!! islam adalah DIEN
    dien artinya sistem tuhan atau aturan tuhan,
    coba baca sejarah kata AGAMA dr zaman kerajaan
    agama sebenarnya UNDANG-UNDANG NEGARA,, artinya tidak kacau maka dibuatlah agama agar suatu wilayah/negara tidak kacau, tp ISLAM dijadikan tameng !!
    tuhan tidak menciptakan agama,, tp tauhid !!
    baca surat 2/62 dan 30/31-32-33 di alquran ....

    ReplyDelete
  11. kenapa itu firman tuhan di ganti dengan DIEN ya, setau saya firman tuhan itu gk bisa di rubah2 karena itu perkataan allah sw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. firman tuhan mana ka di ayat ini yang diganti ganti jadi dien asalnya bukan?

      Delete
  12. Dalam bahasa arab agama itu addinn ( add-dini) itu yang saya tahu, bukan dien

    ReplyDelete
  13. Menurut saya hukum karma yang paling universal
    Apa yang Anda tanam itulah yang Anda tuai
    Barang siapa berbuat baik maka hasilnya baik
    Barang siapa yang berbuat jahat maka hasilnya juga jahat
    Hukum yang universal tidak berpihak kepada mahkluk manapun juga

    ReplyDelete
  14. Orang yang menganggap hidup itu hanya 1x berarti pandangan dia sangat sempit.dia hanya mengetahui seputar kelahiran ini saja dia tidak melihat jauh ke depan
    Mungkin dia sudah keliru.
    Karena selama dunia masih berputar
    kelahiran dan kematian tidak pernah terputus buktinya sudah berjuta juta tahun yang lalu hingga hari ini kelahiran tidak pernah terhenti.
    Setiap menit, setiap detik ada mahkluk yang terlahir
    Kelahiran dan kematian tidak pernah terputus
    Semoga ini bermanfaatnya untuk semua
    Thx

    ReplyDelete

Assalammua'laikum...
Bagi Sahabat yang Memiliki Pertanyaan,Ingin Share Ilmu,ataupun Ingin meminta Artikel dan di Posting di Blog Kami ini,silahkan Sahabat Tulis Permintaan Sahabat tersebut di Komentar di Bawah....
Kritik & Saran atas Tampilan Blog,ataupun tentang Artikel yang telah Sahabat baca juga bisa Disampaikan disini,jadi Mari Berkomentar....
(No Spam,No Porno,No SARA)